Jumat, 21 Maret 2014

manfaat dari daun dewa


daun dewa (gynura procumbens)
            Daun dewa adalah tanaman yang sudah tidak asing lagi bagi para praktisi tanaman obat. Berdasarkan hasil penelitian dan pengalam empiris diketahui bahwa tumbuhan ini banyak bermanfaat bagi kesehatan serta memiliki rasa khas dan sifat netral.
 PENELITIAN YANG DILAKUKAN TERHADAP KHASIAT DAN MANFAAT DAUN DEWA
            Penelitian yang telah dilakukan Mermuti, jurusan farmasi FMIPA Uniersitas Hassanudin pada tahun 1993 telah menunjukkan bahwa pemberian infus daun dewa sebanyak 8 ml/kg BB dengan konsentrasi , per oral pada marmut yang di buat demam dapat memberikan penggaruh sebagai antiseptik.
            Sebagai penurunan kadar gula darah(kencing  manis), Nurul Hidayah dari Jurusan Farmasi FMIPA  Uniersitas Indonesia pada tahun 1991 telah melakukan penelitian yang hasil nya pemberian sari daun dewa dengan dosis setara 100 mg daun/ 100 gram berat badan (BB) tikus dapat menurunkan kadar glukosa darah 1 jam setelah perlakuan. Pemberian sari daun dewa segarkepada mencit  dengan dosis 0.01 ml/10 g BB yang diberikan secara oral (diminum)dapat memberikan efek alagesik (mengatasi rasa nyeri) lebih baik dibandingkan dengan asetesal.
SEBAGAI OBAT TRADISIONAL, DAUN DEWA DAPAT DIGUNAKAN DENGAN CARA :
1.DIKONSUMSI SEBAGAI LALAPAN
Bagi orang sunda, daun dewa sering kali digunakan sebagai lalapan. Selain mengandungbanyak serat, daun dewa berguna sebagai pengobatan dan pencegahan suatu penyakit. Dengan mengkonsumsi daun dewa 4 lembar/ hari selama 2 mingggu akan terlihat khasiat nya.
2.CARA DIREBUS/ DIGODOG
30g-6o g daun dewa segar direbus dengan 400-600 ml air sampai tersisa 200-300 cc kemudian diminum dalam keadaan hangat.
3.CARA DIHALUSKA
Biasa nya untuk pemakain luar yaitu di bagian tubuh yang sakit dibalurkan sampai luka tertutup, lalu di baliut. Pengobatan di lakukan 2 kali sehari.
4.CARA MODERN
Dengan teknologi modern daun dewa sudah banyak dikemas dalam bentuk ekstrak dalam kapsul yang lebih praktis dikonsumsi
MANFAAT DAN KHASIAT DAUN DEWA UNTUK KESEATAN
            -pengobatan radang(anti inflamasi)jangka pendek
            -mengatasi demam(antiseptiik)
            -membantu menurunkan kadar gula darah
            -membantu menghambat pertumbuhan sel kanker
            -memelihara kesehatan jantung
            -mengatasi rasa nyeri (analgesik)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar